Biografi Khoirul Anwar Sang penemu jaringan 4G



 Khoirul Anwar adalah sorang ilmuan Indonesia kelahiran tahun 1978 yang dikenal sebagai penemu jaringan 4G yang basis janringannya menggunakan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).
latar belakang
 Dr. Khoirul Anwar adalah anak dari pasangan Sudjiarto dengan Siti Patmi. Pria kelahiran Kediri ini adalah alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung, Ia lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2000,ia menjadi wisudawan terbaik fakultas teknologi industri (FTI) dan tiga wisudawan terbaik se-ITB tahun 2000. Sebagai bentuk penghargaan Khoirul didaulat menjadi pembicara pada wisudawan ITB,pada Oktober 2000. Setelah bekerja di perusahaan IT di Jakarta selama sekitar dua tahun, Khoirul kemudian melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar M. Eng pada tahun 2005 serta Dr. Eng pada tahun 2008.

OFDM
 salah satu penemuan terbaiknya adalah Penemuan OFDM tanpa Cyclic Prefix .Metode ini telah mampu memecahkan masalah transmisi(pembagian kecepatan) nirkabel. Metode tersubut dapat diterapkan pada hampir semua sistem komunikasi, seperti GSM (2G), CDMA (3G), dan cocok untuk diterapkan pada sistem 4G yang membutuhkan kinerja tinggi dengan tingkat kompleksitas rendah.

 OFDM sangat cocok diterapkan Indonesia, terlebih di kota besar yang punya banyak gedung pencakar langit dan daerah pegunungan. Sebab di daerah tersebut biasanya gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang. Temuan ini mendapat penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang digelar 16-19 Mei 2010, di Taiwan. Temuan ini telah dipatenkan tahun 2010 dan kemungkinan besar dapat dipakai untuk teknologi masa depan yang harus tetap optimal karena tantangan sinkronisasi (karena banyaknya device yang saling terhubung).


sumber:

Comments

  1. saya kenal bapak anwar tapi mungkin beliau belum kenal saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, semoga aja kita dapat menjadi seperti dia :)

      Delete

Post a Comment

- Sopan
- No spam
- Tinggalkan saran

Popular posts from this blog

Market aplikasi terbaik android selain google play

Cara download file dengan cepat di android

Aplikasi Android Untuk Pecinta Anime

zodiak dalam Islam

Game alternatif CLASH OF CLANS (COC)