cara shalat gerhana

Apa itu shalat gerhana dan apa hukumnya?

shalat gerhana merupakan shalat yang dilakukan ketika terjadi gerhana matahari ataupun gerhana bulan. Mengenai Hukum mengerjakan shalat gerhana, terjadi perbedaan pendapat diantara para ulama, ada sebagian ulama yang menyatakan hukum shalat gerhana adalah Sunnah Muakad (sunnah yang sangat dianjurkan) dengan alasan membatasi shalat wajib adalah shalat yang lima waktu, namun, sebagian ulama lainnya menyatakan hukum shalat gerhana adalah wajib hal ini didasari karena Rasulullah SAW sendiri mengerjakan dan memerintahkan untuk mengerjakan shalat gerhana ini. seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadist
Sabda Rasulullah SAW
"Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam "Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana." (HR. Bukhari & Muslim).

Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata:  
"Tatkala terjadi gerhana matahari di masa Nabi saw., beliau bangkit terkejut, takut terjadi kiamat sampai beliau menuju mesjid. Beliau melakukan salat dengan rukuk dan sujud yang lama sekali. Tidak pernah aku melihatnya melakukan salat seperti itu. Kemudian beliau bersabda: Sesungguhnya ini adalah tanda-tanda kebesaran yang dikirimkan Allah, gerhana ini terjadi bukan karena kematian atau kelahiran seseorang, tetapi Allah yang mengirimkannya untuk menakut-nakuti hamba-hamba-Nya. Oleh sebab itu, bila kalian melihatnya, maka bersegeralah ingat kepada-Nya, berdoa dan mohon ampunan-Nya"  

Bagaimana cara shalat gerhana?  
mengenai tata cara shalat gerhana ada yang mengatakan bahwa shalat gerhana dilakukan sebagaimana shalat sunnah biasa, yaitu dengan dua raka’at dengan setiap raka’at ada sekali ruku’, dan dua kali sujud. Ada juga yang berpendapat bahwa shalat gerhana dilakukan dengan dua raka’at dengan setiap raka’at dua kali ruku’, dan dua kali sujud. Pendapat inilah yang lebih kuat dibandingkan pendapat yang pertama sebagaimana dipilih oleh mayoritas ulama. adapun tata caranya ialah:
1. Berniat di dalam hati
2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa.
3. Membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang sambil dijaherkan (dikeraskan suaranya) sebagaimana dalam hadits :
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam menjaherkan bacaannya ketika shalat gerhana.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya(melamakannya).
5. Kemudian bangkit dari ruku’/itidal
6. Kemudian Setelah itidal tidak langsung sujud, tetepi dilanjutkan membaca Al Fatihah dan surat yang panjang.lebih singkat dari yang pertama.
7. Lalu ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya/ lamanya lebih singkat dari ruku’ sebelumnya.
8. Kemudian itidal.
9. Kemudian sujud kemudian duduk di antara dua sujud dan kemudian sujud.
10. bangkit dari sujud mengerjakan raka’at kedua seperti raka’at pertama denhan bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari yang pertama.
11. Tasyahud.
12. Salam.
13. Tertib (berurutan)
14. Setelah itu menyampaikan khutbah ke para jama’ah

Menurut Habib Munzir bin Fuad Al Musawwa, panduan singkat mengenai salat gerhana ada tiga cara yaitu :
1. yang termudah adalah dengan dua rakaat sebagaimana salat subuh.
2. dua rakaat, dan setiap rakaat adalah dengan dua rukuk dan dua kali qiyam, urutannya adalah : Takbiratul ihram, lalu Qiyam, fatihah, surah, rukuk, lalu Qiyam lagi, fatihah surat, rukuk, lalu iktidal, lalu sujud, duduk sujud. lalu bangkit ke rakaat kedua dengan hal yang sama.
3. dua rakaat sebagaimana poin kedua diatas, namun dipanjangkan, lalu diakhiri dengan dua khutbah selepas salat

Comments

  1. makasih gan. sangat bermanfaat buat umat muslim

    ReplyDelete
  2. thanks bro atas cara nya, akhirnya saya tahu :D

    ReplyDelete
  3. :) thank infonya gan
    selama ini cuma tahu namanya aja, tata caranya sholatnya gak pernah tahu, hihi.

    ReplyDelete
  4. Wah. Jarang jarang ada Artikel kayak gini. Thank's Info nya Bro.

    ReplyDelete
  5. Persiapan klo ada .. ty infonya mas..

    ReplyDelete

Post a Comment

- Sopan
- No spam
- Tinggalkan saran

Popular posts from this blog

Market aplikasi terbaik android selain google play

Cara download file dengan cepat di android

Aplikasi Android Untuk Pecinta Anime

zodiak dalam Islam

Game alternatif CLASH OF CLANS (COC)