Tata Cara Berwudhu



Pengertian wudhu
wudhu

Berwudhu adalah kegiatan dimana tujuanya adalah untuk membersihkan hadast kecil yang ada di anggota tubuh dengan air yang suci, berwudhu adalah suatu hal yang wajib bagi setiap muslimin ketika kita hendak shalat. Berwudu dapat  pula dilakukan jika tidak ada air yaitu degan menggunakan debu yang disebut dengan tayammum.
Adapun  dalil yang menyatakan wajibnya berwudhu adalah
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,” (Q.S. Al-Maidah:6)
Dari dalil tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa  Rukun wudhu terbagi atas enam:
1.        Bernniat ketika membasuh muka
2.        Membasuh muka
3.        Membasuh kedua tangan sampai siku
4.        Mengusap sebagian kepala
5.        Membasuh sebagian kaki sampai mata kaki
6.        Berurutan

Berniat adalah menyengaja dalam hati bahwa ketika kita berwudhu”  karena Allah semata,  iat itu harus di serentakkan dengan membasuh muka, yang dimaksud berurutan adalah urutan di saat mengerjakan rukun wudhu haru dimulai dari muka kemudian tangan kepala hingga mata kaki, hal tersebut tidak boleh dibalik jika dibalik, seperti membasuh kaki terlebih dahulu baru kemudian muka maka wudhunya tidak sah.namun, tahukah kamu  bahwa ber wudhu merupakan salah satu kebiasaan Rasul? Kebiasaan baik ini dapat  memberikan pengaruh yang  baik untuk yang melakukannya. Menurut ilmu medis,wudhu  ternyata juga sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat berwudhu


1.       mencerahkan kulit wajah.

Wudhu dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah hal itu dapat terjadi karena  wudhu dapat  menghilangkan kotoran yang ada di dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita insyaallah akan  hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

2.       Merilekskan otot sebelum tidur

Ketika siang hari, aktivitas yang anda lakukan pasti sangat banyak. Oleh karena itu wudhu sebelum tidur perlu dilakukan untuk merilekskan otot. Manfaat wudhu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk merilekskan otot setelah seharian beraktifitas. secara psikologis, seseorang yang telah melakukan wudlu akan nampak lebih segar. Serta badan anda akan terasa segar kembali.

3.        Menghindari penyakit kulit

Bagian tangan, muka, serta kaki adalah bagian yang paling  rentan terserang kuman serta kotoran. Sebab, bagian tersebut adalah baguian yang  paling banyak bersentuhan secara langsung dengan benda asing. Oleh karana itu, perlu dilakukan pembersihan berulang kali. Manfaatnya adalah untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit kulit.

TATA CARA BERWUDHU


1. Niat  ketika membasuh muka ( sunat Baca Basmalah)
Jika seorang sedang berwudhu, maka ada baiknya dia niat dalam hatinya,

2. Membasuh Telapak Tangan
disunahkan membasuh telapak tangan tiga kali sebelum memulai wudhu.

3. Berkumur-Kumur
disunahkan berkumur-kumur,

4. Istinsyaq dan Istintsar
disunahkan istinsyaq / menghirup air ke hidung dengan nafasnya, lalu mengeluarkannya kembali, Disunahkan untuk istinsyaq , kecuali jika sedang berpuasa, karena dapatr akan masuk ke perut. 

5. Membasuh Wajah
batasan wajah adalah:
  • mulai dari awal tempat tumbuh rambut kepala hingga dagu tempat tumbuh jenggot.
  • dari telinga kanan hingga ke telinga kiri.
  • wajib dibasuh, jika rambut itu tipis.

6. Membasuh Kedua Tangan
Kemudian membasuh kedua tangan, berikut kedua siku,

8. Membasuh Kedua Kaki
Kemudian membasuh kedua kaki, sampai kedua mata kaki,

9. Membaca Doa
Setelah selesai wudhu, kemudian membaca (doa):

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ ،وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِين

“Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah pula aku termasuk orang-orang yang membersihkan diri.” (HR. Muslim, tanpa tambahan: Allahummajlnii… dan Turmudzi dengan redaksi lengkap).

10. Tertib


Comments

Post a Comment

- Sopan
- No spam
- Tinggalkan saran

Popular posts from this blog

Market aplikasi terbaik android selain google play

Cara download file dengan cepat di android

Aplikasi Android Untuk Pecinta Anime

zodiak dalam Islam

Game alternatif CLASH OF CLANS (COC)